Networking Academy / Dikmenjur Program

Introduction


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH DAN KEJURUAN


'Dasar-dasar TI 1: HARDWARE PC DAN SOFTWARE, PROYEK PELATIHAN INSTRUKTUR SOFTWARE'

Selamat datang di situs resmi pelatihan IT Essential 1 yang diselenggarakan Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan.Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejurang, bekerjasama dengan Cisco Networking Academy Program telah menjadwalkan pelaksanaan pelatihan bagi instruktur di bulan Juni 2004 bagi SMK yang akan memulai kurikulum baru pada tanggal 19 Juli 2004.

Departemen Pendidikan Nasional telah menyetujui susunan mata pelajaran baru untuk SMK TI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Untuk itu dihimbau agar semua SMK mempelajari semua persyaratan mata pelajaran baru dan persyaratan untuk pelatihan instruktur.


Sambutan dari Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan

"Kehadiran portal ini diharapkan dapat memudahkan penyebaran informasi mengenai Kurikulum IT Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang merupakan suatu langkah maju dalam pendidikan IT di SMK. Kurikulum baru ini akan mengarahkan para siswa SMK untuk dapat meningkatkan kualitas dan keahliannya sesuai dengan standar internasional yang diakui oleh industri. Untuk bidang teknologi jaringan, kita meningkatkan kerjasama yang telah ada saat ini antara Dikmenjur dan Cisco Networking Academy, dengan memasukkan sebagian kurikulum networking academy dalam bagian kurikulum nasional yang akan digunakan oleh siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan serta sertifikasi internasional CCNA bagi mereka yang mampu. SMK yang ingin mempunyai standar internasional harus meluluskan minimal 50% dari jumlah siswanya dengan sertifikat CCNA yang dikeluarkan oleh Cisco Systems. Diharapkan lulusan SMK pemegang CCNA ini pada suatu saat nanti dapat meningkatkan keahliannya sehingga dapat meraih jenjang sertifikasi yang lebih tinggi, yaitu CCNP. Kerjasama antara Dikmenjur dan Cisco Networking Academy Program ini diharapkan akan memberi kesempatan bagi para lulusan SMK untuk mendapatkan pengakuan internasional atas keahlian yang dimilikinya di bidang komputer dan jaringan."

- Gatot Hari Prijowirjanto, Direktur Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan

Sambutan dari Cisco Systems

Cisco Systems sangat gembira dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan Indonesia. Kerjasama Cisco dan Dikmenjur untuk program Cisco Networking Academy telah memasuki tahapan baru dimana kurikulum IT Essential and CCNA dari Networking Academy telah menjadi bagian dalam kurikulum nasional. Diharapkan dengan penerapan kurikulum nasional tersebut akan menghasilkan lulusan SMK dengan kualitas internasional yang mampu bersaing di pasar dunia. Kami optimis, para ahli networking dari Indonesia ini akan mampu menjawab tantangan dan tuntutan masa depan.

- Irfan Setiaputra, Managing Director Cisco Systems Indonesia

Sambutan dari Networking Academy Program

Selamat datang di situs pelatihan instruktur Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan. Cisco Networking Academy Program menyambut baik kesempatan bekerjasama dengan Dikmenjur dalam penyelengaraan kurikulum IT Essential 1 PC Hardware and Software, di Indonesia. Anda kami persilakan untuk mempelajari situs ini, dimana terdapat berbagai informasi penting yang berhubungan dengan kurikulum, ujian pelatihan pra-instruktur, proses registrasi untuk pelatihan instruktur, dan lain sebagainya.

Kami mengundang para kandidat SMK untuk bergabung ke Academy Program

- Kurnijanto E Sanggono - Area Academy Manager Indonesia



Let Us Help